Alfa & Omega

10 DESEMBER: Pembacaan Alkitab: Hosea 1-4 & Wahyu 1

 

‘Alfa’ adalah huruf pertama dalam susunan abjad Yunani, sedangkan ‘omega’ adalah huruf terakhir. Tuhan Yesus memperkenalkan dirinya sebagai huruf A & huruf Z, yang ada sejak awal & tetap ada sampai akhir, Dia tahu segalanya, Dia tahu semua alasannya, Dia tahu semua jawabannya, Dia adalah Allah yang Maha Tahu. Identitas Tuhan Yesus sebagai Alfa & Omega hanya muncul di dalam surat Wahyu sebayak 3 kali (Wah1:8, 21:6, 22:13).

// Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan & setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin. “Aku adalah Alfa & Omega, firman Tuhan Allah, yang ada & yang sudah ada & yang akan datang, Yang Mahakuasa.” *Wahyu 1:7-8* //

Tuhan Yesus ingin dikenal sebagai Alfa & Omega. Ada begitu banyak keuntungan, sekaligus tanggung jawab rohani ketika kita mengenal Tuhan sebagai Alfa & Omega. Sebagai *Alfa* berarti segala sesuatu ada dalam tangan Tuhan Yesus, segala kuasa di surga & di bumi ada dalam tangan-Nya, tidak ada yang perlu ditakutkan ataupun dikhawatirkan. Nabi Yesaya mencatat: “Tidakkah kautahu & tidakkah kaudengar? TUHAN ialah Allah kekal yang menciptakan bumi dari ujung ke ujung; Ia tidak menjadi lelah & tidak menjadi lesu, tidak terduga pengertian-Nya.” Tuhan siap memberi kekuatan pada yang lelah & semangat bagi yang tidak berdaya (Yes40:28-29). Tuhan juga menyatakan diri-Nya sebagai ALFA pada Ayub yang sedang bergumul dengan masalah hidupnya. Tuhan sedang ingin menyadarkan Ayub yang menggelapkan keputusan Tuhan dengan perkataan yang tidak berpengetahuan (Ayb38:1-4).

Sebagai *Omega* berarti Tuhan yang akan mengakhiri segala sesuatu, menamatkan rencana ilahi-Nya atas dunia ini. Dia PASTI akan datang kembali untuk menjemput umat-Nya, bahkan Tuhan juga membawa upah untuk membalaskan pada setiap orang menurut perbuatannya (Wah22:12). Tuhan yang sudah memulai karya-Nya dalam hidup kita PASTI sanggup meneruskannya sampai pada akhirnya (Flp1:6). Rencana Allah pasti jadi, rencana-Nya tidak akan pernah gagal di tengah jalan. Mari kita tetap setia sampai akhir karena Dia adalah ALFA & OMEGA!

Tags: ,

Comments are closed.

Comments are closed.