Menjadi Sehat dalam Iman

25 SEPTEMBER: Pembacaan Alkitab: Kidung Agung 6-8 & Titus 1

 

Nama Titus disebut 12x di sepanjang Perjanjian Baru. Titus adalah teman sekerja Paulus yang sangat dekat hubungannya bahkan sudah menjadi seperti anak sendiri. Paulus menyebutnya sebagai anak rohani yang sah menurut iman (Tit1:4). Surat Titus ditulis untuk memberi arahan & pengajaran pada Titus yang ada di Kreta untuk mengatur pelayanan & menetapkan penatua. Bersama dengan surat 1 & 2 Timotius, surat Titus dapat digolongkan sebagai surat-surat pedoman penggembalaan.

Penduduk Kreta rupanya terkenal dengan sikap yang tidak baik. Namun demikian Tuhan mengasihi mereka & tidak membiarkannya terhilang. Isi hati Tuhan adalah mencari & menyelamatkan yang terhilang (Luk19:10). Karena Tuhan mencintai orang Kreta maka Paulus & Titus pun juga harus mencintai orang Kreta, bahkan mereka melayani dengan sungguh-sungguh supaya orang Kreta yang terkenal sebagai pembohong, binatang buas & pemalas DIUBAHKAN menjadi umat yang sehat dalam iman.

// Seorang dari kalangan mereka, nabi mereka sendiri, pernah berkata: “Dasar orang Kreta pembohong, binatang buas, pelahap yang malas.” Kesaksian itu benar. Karena itu tegorlah mereka dengan tegas supaya mereka MENJADI SEHAT DALAM IMAN & tidak lagi mengindahkan dongeng-dongeng Yahudi & hukum-hukum manusia yang berpaling dari kebenaran. (Titus 1:12-14) //

Kesehatan iman jauh lebih penting daripada kesehatan jasmani. Kesehatan jasmani dapat merosot seiring dengan bertambahnya usia namun kesehatan iman harus makin meningkat dari hari ke hari (2Kor4:16). Untuk tetap sehat dalam iman maka kita harus memiliki sikap yang benar, yaitu mau DIAJAR & DITEGUR dengan tegas & keras! Firman Tuhan berkuasa menegur & menyatakan kesalahan (2Tim3:16). Mari tetap setia membaca Firman supaya kita makin sehat dalam iman.

// Karena perintah itu pelita & ajaran itu cahaya & teguran yang mendidik itu jalan kehidupan. (Amsal 6:23) //

Tags: ,

Comments are closed.

Comments are closed.